Keuangan

Tips Memilih Tenor Kredit Mobil, Yang Sesuai Keuangan Anda

Pastinya banyak dari Anda, yang sampai saat ini masih kebingungan dalam memilih jangka waktu simulasi cicilan kredit mobil yang terbilang tepat. Tepat yang dimaksud disini adalah sesuai dengan keuangan Anda, dan pastinya tidak akan membebankan keuangan yang sudah ada.

Tentang tenor pinjaman

Tenor pinjaman dalam sebuah kredit mobil tidak lain adalah durasi angsuran yang akan Anda bayar nantinya. Umumnya pihak perusahaan, baik bank atau juga leasing, akan menghitung tenor pinjaman kredit mobil dalam hitungan bulan, mulai dari 12, 24, bahkan hingga 72 bulan, atau dari 1 hingga 6 tahun. Tapi banyak dari para peminjam yang lebih memilih mencicil dengan tenor 3 hingga 5 tahun. Tentunya ada beberapa alasan kenapa para peminjam memilih tenor dengan jangka panjang atau jangka pendek.

Tenor panjang

Anda dapat memilih tenor panjang, apabila Anda :

  • Mempunyai pendapatan terbatas setiap bulannya. Misalnya saja Anda yang bekerja sebagai PNS atau karyawan swasta.
  • Mempunyai usaha rental mobil. Dimana jenis usaha ini, akan mengkategorikan mobil yang dibeli, sebagai kredit, dan juga modal barang, yang nantinya akan menghasilkan pendapatan tetap. Hasil dari pendapatan sewa mobil tersebut, yang nantinya dapat Anda gunakan untuk menutupi kredit yang sedang diambil.
  • Mempunyai cicilan yang lebih terjangkau dengan bunga kredit mobil per tahunnya yang terbilang ringan.

Tenor pendek

Anda juga dapat memilih tenor pendek, apabila Anda mempunyai tabungan untuk membayar DP yang cukup besar, dan tentunya mempunyai kemampuan untuk membayar cicilan bulanan yang terbilang tinggi. Mengingat DP dan besaran cicilan mobil dengan tenor pendek yang terbilang cukup besar, jadi Anda perlu memperhatikan dan mempersiapkan hal seperti ini dari jauh hari.

Untuk mengetahui secara pasti, besaran DP dan juga cicilan bulanan yang harus dibayar, Anda dapat menggunakan kalkulator kredit mobil. Dimana kalkulator seperti ini mudah Anda jumpai di berbagai website leasing mobil itu sendiri.

Jadi dari ulasan di atas jelas sudah, bahwa memilih tenor untuk kredit mobil tidak terlalu sulit. Yang pasti, Anda harus benar-benar memperhatikan keuangan yang ada, serta mempersiapkan kondisi terburuk, agar proses kredit mobil, tetap dapat dilakukan hingga akhirnya masa tenor selesai.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.