kuliah online terakreditasi
Kuliah Online

Jurusan Mata Kuliah Yang Ditawarkan Di Kuliah Online Terakreditasi

Kuliah online terakreditasi menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang sedang mengalami masa tanggung seperti pertengahan kerja atau dinas tetapi ada tuntutan untuk memiliki skill tambahan dari tempat bekerja. Kuliah online lebih cenderung ke arah belajar lanjutan di kampus terbuka dengan sistem online dan jadwal fleksibel

Ingin tahu lebih detil tentang kuliah online, simak ulasan artikel ini yuk!

Sekilas Tentang Kuliah Online 

Kuliah online ada 2 model yakni kuliah full online kelas reguler dan full online kelas non reguler. Untuk kelas full online reguler diberikan peluang kepada mereka (calon mahasiswa) yang memang tidak bisa menjangkau jaraknya kemudian harus melakukan pembelajaran secara online di sebuah kampus swasta terakreditasi. Mahasiswa bisa melaksanakan full time online dari rumah mereka dengan kelengkapan perangkat seperti pc, laptop, webcam dan speaker. Kemudian jadwalnya juga sama dengan kuliah offline, lebih teratur dan stabil. 

Sedangkan untuk kuliah full time non reguler memiliki waktu lebih senggang di akhir pekan (Sabtu – Minggu) dengan waktu yang sangat panjang (7-8 jam). Kuliah online diajar oleh dosen yang telah berpengalaman dan memiliki jam terbang di kampus terbaik lainnya sehingga secara kualitas keilmuan bisa dikatakan bahwa kampus online terbuka sama bagusnya dengan kampus reguler negeri dan swasta di Indonesia.  

Jurusan di Kuliah Online

Jadwal pendaftaran di kuliah kampus online bisa diakses setiap per semester awal dan pertengahan melalui situs web kampus masing-masing. Biasanya kampus online tidak membatasi jumlah calon mahasiswa dan tidak memberikan ujian tes masuk.

Semua akan mulai dipelajari dengan baik karena dosen memberikan dasar mata kuliah sangat detil, memakai buku literatur yang dicetak langsung oleh pihak kampusnya. Jurusan yang diambil memang sedikit banyaknya ada batasan seperti jurusan sosial yang tidak banyak mengandung unsur praktek dalam setiap mata kuliahnya. Jurusan sosial tersebut antara lain:

  1. Manajemen 
  2. Akuntansi 
  3. Perbankan
  4. Sosiologi
  5. Geografi
  6. Psikologi
  7. Fisipol
  8. Hukum 

Kuliah online tersedia jenjang S1, S2 dengan taksiran biaya yang tak sama. Apabila dibandingkan dengan biaya kuliah offline kampus reguler (setiap hari rutin masuk) dikatakan hampir sama. Range semesterannya mulai Rp 2,5 juta hingga Rp. 4 juta lebih. 

Kuliah online bukanlah sebuah anggapan miring dimana terkesan kurang bermutu padahal tugas dan pelajaran yang diberikan sangat kompleks dan condong memiliki tingkat kesulitan lumayan tinggi. Hasil evaluasi juga tak selalu mudah dan ada mahasiswa yang harus revisi apabila nilainya tidak memenuhi syarat kelulusan.  

Apakah Ijazahnya Diakui? 

Iya, untuk setiap lulusan kampus kuliah online terakreditasi dengan sistem online akan mendapatkan ijazah resmi sama dan diakui sama halnya saat Anda menjalani kegiatan kuliah reguler. Jadi, jangan sampai Anda salah pilih kampus ya, utamakan pilih kampus terbuka dengan akreditasi A atau B.

Leave a Reply

Your email address will not be published.