atap rumah
Bahan Bangunan

Desain Teras Rumah Idaman yang Minimalis serta Ramah Lingkungan

Teras rumah dengan menggunakan holo baja ringan tidak hanya menjadikan rumah tampak keren dan juga minimalis. Namun pemakaian material jenis ini juga dapat dibilang ikut serta dalam berperan menyelamatkan kesehatan lingkungan alam sekitar.

Pembangunan Rumah Ramah Lingkungan

Seperti kita ketahui, pada beberapa tahun belakangan ini terdapat isu lingkungan sedang ramai diperbincangkan. Salah satunya yaitu terkait dengan hutan di Indonesia yang semakin gundul yakni adanya penebangan pohon secara illegal atau tidak resmi untuk memenuhi kebutuhan kelompok tertentu, termasuk untuk kegiatan pembangunan.

Padahal kegiatan tersebut akan membawa dampak yang buruk untuk kehidupan manusia. Perubahan iklim dan juga cuaca hingga berkurangnya daerah resapan air yang berisiko mengakibatkan bencana alam seperti banjir yang merupakan resiko dari kegiatan penebangan pohon di hutan secara ilegal dan berlebihan.

Itulah mengapa, kita sebagai manusia harus sadar diri yang wajib diterapkan dalam diri dalam pembangunan rumah. Salah satu tindakannya yakni dengan melakukan substitusi atau mengganti penggunaan pohon atau kayu yang menjadi produk hutan ke material lain seperti material holo baja ringan.

Baja Ringan untuk Pembuatan Teras Rumah

Kanopi holo baja ringan merupakan suatu elemen yang biasanya menjadi bagian tidak akan terpisahkan dari hunian pada masa sekarang ini. Bukan hanya pada tipe atau model rumah minimalis saja. Tetapi, kanopi juga bisa ditemukan di berbagai model atau tipe rumah.

Selain untuk menjadi pelindung tambahan pada suatu hunian atau tempat tinggal, kanopi juga bisa menjadi pemanis tampilan pada suatu tempat tinggal atau rumah. Bahkan, penggunaan dari baja ringan akan menguntungkan apabila diterapkan untuk mempermanis tampilan teras dari hunian atau tempat tinggal, berikut diantaranya:

  • Tidak mudah patah karena material baja ringan ini mempunyai kekuatan tarik yang cukup bagus, yakni sekitar 550 Mpa.
  • Tidak mudah terjadi pengkaratan, anti rayap, serta tidak merambatkan percikan api.
  • Sangat ekonomis, mengingat material ini bersifat kokoh, maka dari itu biaya perawatan atau biaya renovasi bisa diminimalisir.
  • Efisien terhadap waktu yang diperlukan, karena bahan atau material ini mudah didapatkan dan cepat dalam proses pengerjaan.

Jadi, dalam pembuatan teras rumah dengan menggunakan baja ringan tidak hanya menjadi suatu solusi dalam pelestarian lingkungan. Penggunaan material baja ringan ini juga cukup menguntungkan, dimana baja ringan memiliki berbagai macam kelebihan dibandingkan dengan bahan material kayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.