orang yang sedang belajar
pendidikan

Seberapa Besar Biaya Les Privat Matematika? Cari Tahu Jawabannya Di Sini

Les privat SD SMP SMA memang bisa membantu anak dalam memahami dengan lebih mendalam materi yang diajarkan di sekolah, terutama untuk mata pelajaran matematika yang menjadi hal menakutkan bagi sebagian siswa. Namun sayangnya biaya untuk les privat SD SMP SMA ini tidaklah sedikit, sehingga perlu dilakukan beberapa cara untuk lebih menghemat biaya les privat tersebut.

Biaya Les Privat Matematika

Banyak orang tua yang memilih les privat SD SMP SMA untuk menunjang kegiatan belajar anak, tapi sayangnya ada beberapa tempat les privat, yang memberikan biaya lebih mahal, tentunya hal ini cukup memberatkan bagi sebagian orang tua.

Biaya yang biasanya dibebankan untuk les anak sekitar Rp.30.000 sampai Rp.80.000 untuk sekali pertemuan selama dua atau tiga jam. Akan tetapi, ada juga beberapa les privat yang memasang biaya per jamnya Rp.50.000 bahkan ada yang lebih.

Sebenarnya biaya les privat tersebut bisa dibilang cukup wajar, karena guru les juga akan memberikan materi-materi matematika yang lebih mendalam beserta contoh soalnya, sehingga anak akan lebih memahami materi matematika tersebut. Selain itu ada juga beberapa faktor yang membuat biaya les privat menjadi lebih mahal, diantaranya,

  1. Tempat

Ternyata tempat Anda tinggal bisa menjadi faktor penentu biaya les privat, tentunya setiap kota dan daerah memiliki biaya yang berbeda-beda, biasanya biaya les privat di kota besar jauh lebih tinggi karena biaya hidup di kota tersebut juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan tempat lainnya. Misalnya biaya untuk les matematika di Bandung sebesar Rp.57.000 per pertemuan, sedangkan di Bogor mencapai Rp.73.000, bahkan di Jakarta bisa mencapai RP.80.000.

  1. Pengalaman

Pengalaman yang dimiliki guru les juga bisa menjadi penentu biaya les, semakin banyak pengalaman mengajar yang dimiliki tentunya biaya mengajarnya juga lebih mahal. Tarif mengajar untuk guru les pemula tidak akan sama dengan tarif mengajar guru les yang sudah puluhan tahun mengajar.

  1. Mata pelajaran

Selain kedua faktor tersebut, mata pelajaran juga menjadi salah satu faktor penentu besarnya biaya les, terutama untuk mata pelajaran yang memiliki tingkat kesulitan tertentu.

  1. Tingkat kemampuan siswa

Biaya les privat juga tergantung pada jenjang pendidikan yang sedang ditempuh anak, apakah masih SD, SMP, SMA, atau sudah kuliah. Semakin tinggi jenjang pendidikannya sudah pasti mata pelajaran matematika juga memiliki tingkat kesulitan yang semakin tinggi, oleh karenanya biaya les yang dibebankan akan semakin besar. Terlebih bagi anak yang memang mengikuti les secara khusus untuk persiapan ujian.

Untuk menyiasati banyaknya biaya les privat matematika, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua yang tetap ingin memasukan anaknya ke les privat, dengan cara memilih les yang berkelompok, anak tetap belajar diluar jam sekolah dan les agar lebih memahami materi yang diajarkan, dan memilih tutor yang kualifikasinya lebih sedikit, tapi bukan berarti kualitasnya juga kurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.