atap polikarbonat gelombang bening
Bahan Bangunan

3 Jenis Atap Polycarbonate, Kelebihan Dan Kekurangan Secara Umum

Polycarbonate merupakan atap yang sering digunakan sebagai atap rumah, dikarenakan harga yang terjangkau dan juga pemasangan yang mudah, sehingga banyak sekali peminatnya. Berikut ini merupakan kelebihan dari atap polikarbonat gelombang bening secara umum yang berlaku hampir semua jenis.

Kelebihan :

  1. Atap ini merupakan atap yang sifatnya transparan
  2. Tidak gampang pecah
  3. Anti bocor
  4. Pemasangan yang mudah
  5. Mengurangi intensitas alami cahaya yang masuk
  6. Sifatnya yang ringan dan kuat
  7. Hanya sedikit kerusakan di waktu yang panjang dalam pemakaian

Kekurangan :

  1. Cahaya yang masuk mengakibatkan panas pada ruangan
  2. Kerusakan berupa korosi karena terkena cuaca yang ekstrim
  3. Penyebab terjadinya global warming

sedangkan berikut ini adalah 3 jenis golongan dari atap polycarbonate:

Jenis-jenis atap Polycarbonate

  • Jenis twinlite

Jenis atap twinlite ini merupakan atap polycarbonate gelombang dengan kualitas terbaik, serta juga penggunaan jangka panjang. Atap ini sedikit mengurangi efek panas pada ruangan, namun tidak sepenuhnya di kurangi. Kebanyakan kerusakan yang terjadi disebabkan oleh umur dari pemakaian atap tersebut. Kelebihan dari atap polycarbonate jenis ini adalah kuat terhadap benturan benda tumpul, menghalau sinar UV, mudah dalam pemasangan, lebih ekonomis dari kaca, dan bersifat ramah lingkungan.

  • Jenis solarlite

Jenis ini memasuki ke tipe dengan kualitas yang menengah atau lebih kecil dari jenis twinlite. Kerusakan dari atap jenis solarlite lebih cepat dari twinlite. Namun juga sedikit mengurangi adanya suara yang disebabkan oleh hujan, meskipun tidak sepenuhnya bisa kedap suara, namun jenis atap ini lumayan tebal.

  • Jenis solite

Atap jenis ini merupakan atap dengan kualitas yang lebih rendah dari atap jenis twinlite dan solarlite, namun atap ini tebal dan pemasangan yang mudah. Sedangkan kekurangan dari atap ini adalah, kurang menyaring panasnya cahaya matahari, tidak kedap suara terhadap hujan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari jenis atap polikarbonat gelombang bening, selain sifatnya yang transparan, namun juga banyak digunakan untuk bangunan yang kurang akan pencahayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.