Ilustrasi Genteng Metal Pasir
Genteng Metal

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Genteng Metal Atap Rumah Kamu!

Genteng metal adalah salah satu jenis material yang sering dipakai untuk atap rumah karena memiliki daya tahan tinggi dan mudah untuk dipasang sehingga bisa dipakai sampai bertahun-tahun. Pada atap rumah, jenis genteng yang sering dipakai adalah permukaan genteng metal pasir karena cenderung lebih kuat daripada genteng yang tidak berpasir.

Kelebihan Genteng Metal

  • Harga murah

Apa lagi yang dicari oleh konsumen selain memiliki harga murah, tetapi bermanfaat untuk sehari-hari? Selain karena serba guna, jenis genteng metal sering dipakai karena memiliki harga yang terjangkau. Antara Rp50.000 – Rp150.000 per lembar, ini terbilang cukup murah bila dibandingkan dengan harga bahan genteng lainnya seperti beton dan keramik.

  • Daya tahan yang tinggi

Adanya bahan susunan anti karat seperti seng, dan alumunium membuat genteng ini menjadi anti karat dan anti pecah. Dengan sifat bahan yang seperti itu tak perlu lagi khawatir dengan atap rumah kamu yang bocor. Selain itu juga, kamu tidak perlu mengecet genteng ini karena sudah terbuat dari bahan anti lumut.

  • Ramah lingkungan

Uniknya, genteng metal yang sudah rusak bisa kamu gunakan lagi sebagai bahan dasar untuk membuat genteng baru. Hal ini karena terdapat kandungan sekitar 57% bahan-bahan daur ulang. 

  • Bobot ringan

Apabila dibandingkan dengan atap beton, bobot genteng jenis logam ini memiliki beban yang jauh lebih ringan, yaitu rata-rata 7 kg per meter kubiknya. Bentuk yang lembaran-lembaran membuat genteng ini lebih ringan.

  • Pemasangan lebih mudah dan cepat

Dalam pemasangannya terbilang cukup cepat dan simple karena kamu hanya perlu menghamparkannya dengan rapi dan teratur, kemudian pasangkan sekrup sebagai penahan. Memang terdengar relatif singkat, tapi jangan khawatir karena genteng tidak akan mudah lepas.

Di samping banyaknya kelebihan yang dimiliki, jenis genteng metal pasir ini tentunya juga memiliki kekurangan yang harus dijadikan sebagai pertimbangan. 

Kekurangan Genteng Metal

  • Berisik saat hujan

Walaupun bahan metal mempunyai daya tahan yang kuat, tidak menutup kemungkinan akan terjadinya penyok bila ada sesuatu yang berkontak langsung dengan genteng metalnya, termasuk air hujan. Hal ini tentunya akan menimbulkan suara bising ketika turun hujan. 

  • Ruangan panas

Bahan metal atau logam adalah bahan konduktor yang baik, sehingga tidak heran bila dengan menggunakan genteng jenis ini ruangan menjadi lebih panas, gerah, dan sumpek.

  • Sangat rentan terhadap tekanan

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, bahan metal mudah penyok dan rentan terhadap tekanan. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa memilih jenis genteng metal yang memiliki bahan alumunium dan tembaga karena cenderung lebih lembut dan tidak mudah penyok.

  • Warna mudah mengelupas 

Sama seperti jenis genteng lainnya, warna akan lebih mudah mengelupas. Inilah pentingnya untuk memastikan bahwa genteng tidak terdapat goresan.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan genteng metal. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.