Ilustrasi Cetak Kemasan
Percetakan

Ternyata Bisnis Jasa Cetak Kemasan Ini Ternyata Menjanjikan

Berbicara mengenai kemasan tentunya tidak jauh dari produk, baik berupa makanan panas, makanan ringan, aksesoris, pakaian, hadiah, mainan, dan lainnya. Banyak sekali peran kemasan dalam suatu produk, salah satunya adalah untuk meningkatkan nilai dari produk tersebut. Lalu, apakah jasa cetak kemasan akan menjadi peluang bisnis yang bagus?

Peluang Bisnis Cetak Kemasan

Melihat industri ekonomi dalam berbagai sektor berkembang pesat, tentunya bisnis cetak kemasan menjadi peluang yang besar. Mengapa demikian? Karena hampir setiap industri membutuhkan kemasan untuk mengemas dan menyimpan produknya, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Lalu dalam sektor apa saja peluang bisnis cetak kemasan bisa berkembang? Tentunya industri utama yang membutuhkan kemasan adalah industri FNB (Food and Beverage) atau makanan dan minuman. Mulai dari makanan dan minuman cepat saji atau cemilan, sampai bisnis street food membutuhkan kemasan untuk produknya.

Bahkan tidak hanya itu, bisnis cetak kemasan juga dibutuhkan untuk industri lain seperti produk fashion seperti baju, celana, aksesoris, dan produk retail lainnya. Tentunya kehadiran produk seperti pakaian, sandal, sepatu, aksesoris, mainan dan produk lainnya selalu dibutuhkan dari waktu ke waktu, sehingga menjadikan peluang bisnis cetak kemasan begitu menjanjikan.

Jenis Bisnis Jasa Cetak Kemasan

Sebagaimana sebelumnya kita tahu bahwa sektor bisnis jasa cetak kemasan ini begitu luas, sehingga anda bisa fokus pada salah satu sektor yang paling banyak dibutuhkan di kotamu. Bahkan anda juga bisa bergerak dalam bidang jasa cetak kemasan yang bisa untuk membuat kemasan produk makanan, aksesoris, minuman, box, dan lainnya.

Pertama untuk jasa cetak kemasan makanan dan minuman, anda bisa menyediakan jasa pembuatan kemasan dalam bentuk food pail, paper bowl, lunch box, paper cup, paper tray, paper lunch box sekat, snack box, plastic cup, pouch, box hampers, box pizza, box burger, toast box, lotus pack, dan bento box. Banyak sekali bukan?

Bisnis jasa cetak kemasan lain yang bisa anda coba adalah corrugated box untuk label dan branding, dad seal pax untuk produk fashion dan craft, box sepatu, box pakaian dengan logo, box aksesoris (jam tangan, cincin, souvenir pernikahan), paper bag untuk tempat hadiah, standing pouch untuk cemilan, dan stiker produk.

Tentunya dalam memulai bisnis jasa cetak kemasan tersebut, cukup banyak hal yang harus anda persiapkan. Hal utama yang harus dipersiapkan adalah mesin pencetak kemasan, bahan baku kemasan (kertas atau plastik), kapasitas produksi, tim desain kemasan, uji quality control, karyawan produksi, sponsor, dan lainnya.

Di awal perintisan akan cukup banyak investasi yang perlu dikeluarkan terutama untuk investasi peralatan produksi dan tempat produksi. Walaupun demikian, melihat kebutuhan dan permintaan akan kemasan yang tinggi, maka hal tersebut dapat mempercepat pengembalian modal dan memperoleh keuntungan. Jangan lupa untuk menyiapkan strategi bisnis dan branding jasa cetak kemasan yang menarik ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.