ilustrasi besi
Besi

Kandungan Baja Karbon Pada Besi Plat Strip

Seperti yang kita tahu, besi plat strip adalah jenis material berbentuk lembaran yang memanjang dan seringkali digunakan sebagai bahan dasar dalam berbagai keperluan konstruksi dan yang lainnya.

Besi plat strip sendiri termasuk dalam kategori baja dengan kandungan karbon yang rendah. Lalu apa itu yang dimaksud dengan baja karbon rendah, berikut sedikit ulasannya.

Baja karbon rendah

Baja karbon rendah biasa dijelaskan dengan gamblang sebagai baja dengan kandungan besi dan ditambah dengan sedikit karbon. Dengan campuran kedua bahan ini menghasilkan material dengan beragam keunggulan.

Oleh sebab itu banyak sekali tempat yang jual besi plat strip karena memang material ini sangat cocok digunakan dalam berbagai macam kegiatan konstruksi. Adapun beberapa karakter yang dimiliki oleh bahan ini seperti.

  • Bahan ini diperkuat dengan metode cold working
  • Mempunyai struktur kecil yang terdiri dari ferit dan perlit
  • Memiliki tekstur yang lunak, sehingga sangat mudah untuk dibentuk sesuai dengan kebutuhan
  • Merupakan jenis baja yang kuat dan ulet
  • Tidak memiliki respon terhadap panas

Besi plat strip dengan baja karbon rendah

Dari berbagai macam jenis baja, salah satu bahan material yang memiliki kandungan baja karbon rendah adalah jual besi plat strip. Seperti yang disebutkan di atas, besi plat strip merupakan bahan yang memiliki kandungan baja karbon rendah.

Akan tetapi, tidak baja karbon rendah tidak hanya dibuat menjadi jual besi platstrip saja, namun beragam bahan seperti kawat baja, plat kapal, dan juga lembaran besi merupakan turunan dari baja karbon rendah.

Dikarenakan bahan ini sangat mudah digunakan, maka banyak tempat yang jual besi plat strip di sekitar kita. Masyarakat khususnya orang yang bergerak di bidang konstruksi tahu, selain bahan ini merupakan bahan yang kuat, namun juga sangat mudah diolah.

Selain sebagai bahan dasar dalam bidang konstruksi sipil, bidang otomotif pun juga banyak menggunakan bahan ini dalam berbagai keperluan. Contohnya seperti pembuatan body kendaraan dan juga perbaikan-perbaikan lain yang membutuhkan lembaran-lembaran besi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.