orang yang sedang menggunakan laptop
Uncategorized

Faktor Kenapa E-commerce Tumbuh Pesat di Indonesia

Beberapa tahun ke belakang jika kita lihat perkembangan e-commerce sangat pesat di Indonesia dari tahun ke tahun. Berbagai keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan jadi penyebabnya. Hal itu membuat para pelaku usaha harus cepat-cepat beradaptasi dengan keadaan dan mulai memasuki pasar baru yaitu e-commerce.

Berkembangnya e-commerce dengan pesat membuat banyak jenis usaha terbuka atau lapangan kerja baru mulai terbuka. Mulai dari jasa pengantaran barang, reseller, dropshipper, hingga perusahaan penyedia jasa e-commerce enabler.

Lalu mengapa e-commerce bisa begitu tumbuh cepat dan pesat di Indonesia? Berikut beberapa faktor yang mempengaruhinya.

  1. Maraknya Pengguna Ponsel Pintar

Kemajuan yang dicapai dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mendorong lahirnya generasi baru dari telepon genggam yang lebih canggih tapi lebih murah. Dahulu telepon genggam hanya bisa digunakan untuk sekedar menelpon dan mengirim pesan singkat yang dikenakan tarif mahal per sms-nya. Namun saat ini sudah berkembang jauh dengan ponsel pintar saat ini sudah bisa digunakan untuk hal apapun dalam hidup.

Selain itu harganya yang relatif murah pun membuat semua orang dari semua kelas sosial mampu membeli ponsel pintar tersebut. Memiliki ponsel kini sudah bukan kebutuhan tersier lagi bagi orang-orang berduit, tapi sudah jadi kebutuhan primer bagi semua kalangan. 

Itulah yang menyebabkan penggunaan ponsel pintar semakin marak, bahkan hampir semua orang dewasa pasti memiliki ponsel pintar setidaknya satu dalam membantunya berkegiatan sehari-hari.

  1. Lahirnya Generasi Melek Digital

Ponsel pintar yang semakin mudah diakses dan penggunaanya yang seolah-olah wajib menciptakan generasi yang melek digital atau melek teknologi. Tidak hanya untuk berkomunikasi saja, kini ponsel pintar bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti berbelanja, memesan makanan atau minuman, bermain game, dan lain sebagainya.

Munculnya generasi melek teknologi juga membuat perkembangan teknologi makin cepat dan canggih. Contohnya dengan munculnya platform e-commerce buatan anak negeri yang sudah menjadi unicorn saat ini dengan valuasi yang sangat besar.

  1. Hadirnya e-commerce enabler

Makin banyaknya platform e-commerce membuat makin banyaknya perusahaan yang menyediakan layanan enabler bagi toko online. Hadirnya Enabler semakin memudahkan para pelaku usaha untuk memulai usaha online atau memindahkan usaha mereka ke dunia digital. Salah satu e-commerce enabler yang sudah terpercaya adalah https://www.sirclo.com/ yang menyediakan layanan mulai dari penyiapan pembuatan toko online hingga cara meningkatkan penjualannya.

  1. Nilai Investasi yang semakin besar

Indonesia saat ini semakin terbuka akan investasi dari pihak luar negeri. Semakin banyak dan beragamnya bisnis baru membuat para investor tersebut datang ke Indonesia, apalagi Indonesia sudah terkenal akan banyaknya warga dan budaya konsumtifnya sehingga akan sangat cocok untuk dijadikan pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.