ilustrasi pemanggang
Peralatan Dapur

Begini Cara Membersihkan Permukaan Electric Griddle Supaya Tetap Awet

Apa Itu Electric Griddle?

Electric griddle atau kerap kali anda sering menyebutnya dengan alat pemanggang daging elektronik ini permukaannya sendiri ternyata memiliki permukaan yang bergolombang. Lantas apa fungsinya? Permukaan yang bergelombang tersebut berfungsi untuk menampung minyak ketika proses pemanggangan daging sedang berlangsung. Oleh karena itu tak heran banyak yang mencari orang yang jual electric griddle.

Permukaannya sendiri umumnya terbuat dari bahan baku baja yang lumayan tebal dan telah berlapis dengan sebuah lapisan anti lengket di permukaan pemanggang tersebut. Mengenai ini semua tentang proses perawatan serta pembersihannya tak boleh dilakukan dengan cara yang sembarangan.

Mengapa demikian? Karena endapan yang terkandung di dalam minyak yang telah anda gunakan tersebut amat susah untuk anda bersihkan menggunakan cara pembersihan pada umumnya. Dengan menggunakan alat kebersihan dengan bahan yang permukaannya kasar tentu bukan juga menjadi sebuah solusi, karena nanti pasti akan menggores permukaan electric griddle milik anda.

Coba anda bayangkan jika anda telah susah payah mencari orang yang jual electric griddle, lalu kemudian ketika anda bersihkan permukaannya menggunakan alat pembersih kasar dan permukaannya tersebut kehilangan lapisan anti lengketnya tentu amat sangat disayangkan sekali.

Cara Membersihkan Permukaan Luar Electric Griddle

Jadi untuk pertama anda hanya perlu mengantisipasi minyak yang akan mengendap pada permukaan electric griddle milik anda tersebut. Anda harus mengantisipasinya dengan cara mencucinya saja, jangan sampai anda membiarkannya dalam keadaan yang kotor karena minyak dalam tempo waktu yang lama.

Atau jika cara di atas dirasa kurang berhasil untuk anda, maka anda perlu mencampurkan sedikit demi sedikit campuran garam dan air, yang mana kemudian anda bisa tuangkan ke atas permukaan electric grill milik anda itu. Karena berdasarkan fungsinya, ternyata air garam mampu membantu untuk menghilangkan minyak yang menempel pada permukaan baja hingga minyak tersebut hilang seluruhnya.

Itu adalah beberapa tips yang bisa anda coba lakukan untuk membersihkan electric griddle milik anda tersebut, namun ada baiknya bagi anda yang masih belum membeli alat ini dan kemudian membelinya kepada toko yang jual electric griddle ada baiknya mengecek bahannya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.