ilustrasi astoria machine
Peralatan Dapur

Cara Menggunakan Astoria Machine Espresso Bagi Pemula

Espresso merupakan salah satu minuman favorit bagi pecinta kopi. Anda salah satu penggemarnya? Siapa sangka sekarang anda dapat membuat espresso sendiri di rumah dengan menggunakan alat Astoria Machine Espresso. Meskipun pemula, jangan khawatir berikut penulis berikan tips menggunakannya. 

Pasang Filter

Langkah pertama yang harus dipersiapkan sebelum menggunakan mesin espresso adalah menyiapkan kertas penyaring, pilihlah kertas penyaring yang memiliki kualitas terbaik agar dapat menjaga kualitas hasilnya kelak. Namun, bila mesin sudah menyediakan filter, maka gunakan saja filter bawaan mesin. 

Grind Espresso

Setelah menyiapkan filter, langkah selanjutnya adalah menggiling biji kopi. Proses ini untuk menentukan tingkat kehalusan maupun kekasaran bubuk kopi yang akan digunakan

Dose Espresso

Dose memiliki arti takaran. Tentukan takaran espresso yang ingin anda buat dan sajikan. Perhatikan kebutuhan air seduhan, pastikan antara air dan jumlah espresso mempunyai rasio ukuran yang tepat agar menghasilkan kopi dengan cita rasa yang khas dan nikmat untuk diseduh. 

Distribute Espresso

Proses selanjutnya dalam menggunakan Astoria machine espresso adalah distribute espresso dengan memastikan setiap butir bubuk kopi mendapat siraman air seduhan dengan tekanan dan kecepatan yang sama. Fungsi dari teknik ini agar ketika kopi dipadatkan tidak padat sebelah serta proses ekstraksi air dapat mengalir menyeluruh dan rata. 

Tamping Espresso

Tamping merupakan proses yang sangat krusial dalam pembuatan espresso. Dibutuhkan pengalaman untuk menentukan tekanan yang pas untuk memadatkan kopi ke portafilter. Tujuan dari proses ini untuk memberi ruang pada portafilter karena kopi yang disiram air panas nantinya akan megembang. 

Bersihkan Group Head dan Portafilter

Bersihkan portafilter setelah memadatkan kopi dengan menggunakan tangan, bersihkan sisa kopi yang berada di kuping, kepala dan leher portafilter. Lalu lanjutkan dengan group head dengan memencet tombol ekstraksi, setelah itu air akan keluar dengan sisa kopi yang tertinggal di dalam group head mesin. 

Ekstraksi 

Langkah terakhir dalam menggunakan Astoria Machine Espresso adalah ekstraksi kopi. Untuk espresso sendiri membutuhkan waktu ekstraksi kopi sekitar 20-30 detik dan menghasilkan single shot espresso kurang lebih 30-35 ml. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.